Kumpulan Doa : doa bercermin, doa keluar rumah, doa keselamatan doa mustajab, doa nabi sulaiman, doa naik kendaraan, doa niat puasa, doa pagi hari, doa sebelum belajar, doa sebelum tidur, doa sholat, doa tahlil, doa ulang tahun, doa untuk anak, doa untuk kedua orang tua, doa untuk orang sakit, doa untuk orang tua, kumpulan doa, kumpulan doa sehari hari,


1

14 Oktober 2012

Cara Mudah Mencari Nilai Rata-rata Dengan Excel

Rumus excel mempermudah pekerjaan menghitung kita, seperti penjumlahan, perkalian, pembagian, mencari nilai rata-rata bahkan sampai pada tingkat perhitungan paling rumit. Dengan menggunakan excel memungkinkan kita mengolah jutaan data hanya dalah hitungan detik.

Kali ini Autada ingin berbagi tips mencari nilai rata-rata dengan excel. Mencari nilai rata-rata merupakan perhitungan matematika yang sangat simple, hanya menjumlahkan beberapa angka kemudian membaginya dengan jumlah Angka tersebut. Misalnya nilai mencari nilai rata-rata raport dimana masing masing pelajaran mempunyai nilai 7, 8, 9, 6, 7, 7, 8,8,9 jika dijumlahkan maka semua berjumlah 69 dari 9 angka maka untuk mendapatkan nilai rata-rata raport tersebut adalah dengan membaginya 69 : 9 = 7,66. Mudah bukan?

Namun bagaimana jika Anda ditugaskan bukan untuk mencari nilai rata-rata raport namun mencari nilai rata-rata ribuan Angka yang mana jika Anda menggunakan kalkulator kemungkinan salah pencet sangat besar, jika salah satu angka saja Anda terpaksa mulai lagi dari awal. Solusinya adalah mencari nilai rata-rata dengan excel.

Rumus Excel untuk mencari nilai rata-rata adalah =AVERAGE( ) dengan memasukkan Angka kedalam kurung average tersebut (dipisahkan dengan tanda ; "titik koma" )maka Anda dapat menemukan rata-rata nilai tersebut.

Untuk mempercepat perhitungan Anda bisa membuat data terlebih dahulu satu nilai per cell-nya kemudian menghitung average dengan memblock nilai dari atas hingga bawah, atau dari kiri ke kanan, maka akan terlihat seperti ini:

Rumus diatas terlihat menjadi =AVERAGAE(C2:10), namun jumlahnya tetap sama 7,66. Untuk memblock dari ujung ke ujung (atas-bawah/kiri-kanan) cukup masukkan nomor cell paling atas dan nomor cell paling bawah yang dibatasi dengan tanda : "titik dua".

Cara paling cepat dan mudah mencari nilai rata-rata adalah dengan memblock semua angka lalu menekan tombol AutoSum pada menu lalu pilih Average (lihat gambar)
cara cepat mencari nilai rata-rata
Gambar: cara cepat mencari nilai rata-rata


Demikianlah Cara Mudah Mencari Nilai Rata-rata Dengan Excel, semoga bermanfaat. Temukan juga artikel menarik lainnya tentang Rumus Excel yang paling umum digunakan.

Cara Mudah Mencari Nilai Rata-rata Dengan Excel Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Lukman Arifin